Senin, 20 Februari 2012

10 Binatang Yang Jarang Di Temukan Di Muka Bumi

10. Solenodon
      Solenodon adalah mamalia kecil yang berasal dari Kuba dan Hispanola. Makhluk tersebut sangat mirip dengan tikus, tetapi ia memiliki moncong panjang dan ekor bersisik. Namun, Solenodon memiliki moncong yg fleksibel sebagai lawan dari tikus kesturi.
     Ciri khas lain dari binatang ini adalah bahwa binatang tersebut sangat beracun. Solenodon satu2nya mamalia yg beracun. Sebaiknya mundur saja jika bertemu hewan ini. Sebab, anda akan jatuh, dan solenodon langsung menggerogoti anda.

 9. Kakapo
     Kakapo adalah satu-satunya kakatua yang tidak dapat terbang. Spesies tersebut pun memilih untuk berjalan kaki atau naik dari tempat ke tempat.
    Burung tersebut dapat ditemukan di Selandia Baru dan sering disebut sebagai Beo Hantu. Bentuk tersebut memiliki bentuk cakram bulu di sekitar mata. Burung Kakapo juga di tetapkan sbagai burung terbesar dengan berat mencapai 8 Kg

8. Olm
    Olm merupakan amfibi yang berasal dari eropa. Spesies tersebut umumnya dapat di temukan di Italia. Binatang ini memiliki tubuh panjang berwarna putih dengan empat kaki kecil. Sekilas, binatang ini terlihat mirip dengan ular kecil.
    Namun, ia adalah sejenis kadal yg menghabiskan hidupnya di gua-gua bawah tanah. Olm mempunyai mata yang tidak berkembang dan benar-benar buta. Walau Olm tidak dapat melihat, bukan berarti ia tidak berdaya. Kekurangan penglihatannya diganti dengan pendengarannya yang luar biasa dan indra penciuman yg tajam.

7. Kelelawar Bumblebee
    Kelelawar Bumblebee dapat di temukan di gua-gua batu kapur Thailand Tenggara dan Burma. Bumblebee dewasa panjangnya hanya satu inci dari kepala hingga ekor. Kelelawar tersebut berkembang biak dengan memiliki fitur lain yang membedakan menyerupai moncong babi.

6. Ichthyophis kohtaoensis.
    Ichythyophis kohtaoensis merupakan amfibi langka asli dari Kamboja, Laos, dan Thailand. Makhluk tersebut memiliki tubuh seperti ular panjang dengan ekor runcing. Spesies jenis reptil tersebut memiliki tubuh abu-abu gelap dengan perut kuning. Uniknya, reptil tersebut memiliki dua otot yang mengontrol rahang.

5. Hiu Berjumbai
    Hiu Berjumbai termasuk sebuah keanehan di dunia binatang. sampai abad ke 19 para peneliti berpikir bahwa binatang tersebut sudah mati bersama dengan Dinosaurus. Namun, hal itu tidak terbukti. Sebab, banyak nelayan yang pernah menangkapnya dan juga ada penemuan bangkai makhluk tersebut. Hiu ini sangat mirip dengan belut karena ia memiliki bentuk tubuh yg memanjang.
   Hiu Berjumbai memiliki kepala berbentuk segitiga dengan tubuh abu-abu panjang. Hiu tersebut tidak memiliki sirip punggung yang besar yg berbeda dengan spesies Hiu lain.

4. Monito Del Monte.
    Monito Del Monte adalah istilah spanyol untuk menyebut Monyet Kecil. Namun nama itu menipu. Monito Del Monte sebenarnya adalah marsupial yg hidup di Chili dan Argentina. Ia adalah spesies mamalia yang di anggap punah lebih dari 11 juta tahun yg lalu. Namun, penjelajah modern menemukan makhluk tersebut.
  Monyet kecil ini memiliki tubuh seperti tikus dengan bulu cokelat dan besar, telinga runcing, serta ekor panjang. Hal yg membedakan binatang tersebut adalah ukuran matanya yg besar dan kenyataan bahwa ia hidup di pohon-pohon hutan tropis. Kemudian, ekor panjang yg dimilikinya membantu utk dapat berayun dari dahan-dahan pohon.

3. Addax
    Addax juga disebut kijang sekrup klakson. Binatang ini merupakan jenis kijang yg berada di Gurun Sahara. Sekilas, mereka terlihat seperti  spesies kijang lainnya. Namun, setelah pemeriksaan lebih lanjut, mereka sebenarnya sangat berbeda. Spesies inii memiliki gigi persegi seperti sapi. Selain itu, tanduknya juga sangat panjang dan melengkung. Karenanya, kijang tersebut dijuluki kijang tanduk sekrup.

2. Dugong.
    Binngan binatang laut ini merupakan binatang laut besar yg menyerupai manatee. Binatang tersebut berada dalam keluarga yg sama dengan sirenia. Namun, mereka berbeda dengan manatee. Dugong dapat ditemukan di perairan utara Australia dan wilayah Indo-Pasifik. Mamalia tersebut memiliki tubuh abu-abu panjang dengan dayung seperti sirip ke arah kepala.
   Yang paling unik dari dugong adalah ekor flukednya. Ekornya terlihat mirip dengan lumba-lumba. Selai itu, makhluk tersebut juga memiliki mulut yg keluar di samping dan posisi yang lebih bawah terbalik. Dengan begitu, ia mudah merumput di kehidupan vegetatif bawah laut.

1. Saola
    Binatang yang ada di peringkat satu ini adalah Saola. Sejauh ini, ia merupakan mamalia yang paling langka di bumi. Binatang tersebut asli dari Vietnam dan Laos dan tumbuh dengan ukuran tinggi sekitar 3M. Ia mirip dengan kambing, namun memiliki ekor kecil dan telinga yang panjang. Selain itu, binatang ini memiliki pola yg sangat berbeda dengan kambing, yakni memiliki bintik-bintik putih dan garis-garis pada wajahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by :