Sabtu, 18 Februari 2012

10 Diktator Dunia Paling Terkenal

  10. Kaisar Hirohito ( Jepang )
        Bagi sebagian orang, Hirohito adalah aktor utama keterlibatan Jepang dalam PD II. Namun, Justru karena ulahnya ini, Jepang harus rela kehilangan 2 kota utamanya, Hiroshima dan Nagasaki ( yg di bom oleh sekutu ). Akhirnya ia menyerah dalam beberapa hari sebelum Indonesia Merdeka.

     9. Herman Willem Daendels ( Hindia-Belanda )
         Inilah Gubernur jenderal Belanda paling diktator ketika memerintah di Indonesia. Daendels telah mengorbankan rakyat jelata demi pembangunan jalan raya pos Anyer-Panarukan yg terbantang hampir dari ujung barat pulau Jawa hingga ujung timurnya. Namun, jalan tersebut kini dapat kita nikmati kalau pulang mudik kampung halaman.
         Ironisnya, mungkin ia jugalah yg mengajarkan korupsi untuk bangsa Indonesia. Ia rakus akan uang sehingga proyek pembangunan tersebut malah tersendat, dan kemudian dipanggil pulang ke Negeri Belanda dan digantikan oleh Gubernur Jenderal Janssens.

8. Joseph Stalin ( Uni Soviet )
    Joseph Stalin, pakar komunis Uni Soviet ini sukses membinasakan jutaan orang tidak berdosa demi penyatuan menjadi sebuah negara komunis super power bernama USSR. Setelah wafat, cita-citanya untuk membuat dunia menjadi komunis tidak tercapai. USSR bubar pada akhir 1990, kemudian warisannya hanya dapat dinikmati dengan nama Rusia saat ini.

7. Soeharto ( Indonesia )
    Terlalu Berlebihan untuk menempatkan mantan presiden RI kedua ini pada urutan ke 7. Namun, jujur saja ketika era Soeharto berkuasa di Indonesia, semua unsur kebebasan sangat di batasi.
    Tidak cukup dengan otoriternya tersebut, pada masa itu partai politik hanya dibatasi 3, pers di larang berbuat banyak, terjadi berbagai penculikan para aktivis kebenaran, dan siapa pun yg berani melawannya akan dihilangkan. Dia wafat pada usia 86 tahun pada 27 Januari 2008 lalu. Namun begitu, jasa-jasanya untuk Indonesia juga perlu kita hargai.


6. Slobodan Milosevic ( Yugoslavia )
    Diktator kejam ini telah membantai jutaan warga muslim Kosovo. Ia juga sempat membumihanguskan Bosnia Herzegovina dan membuat beberapa kejahatan Internasional. Akhirnya, ia dihukum mati oleh pengadilan internasional dan menjadi catatan kelam bagi orang Yugoslavia tersebut.

5. Benito Musolini ( Italia )
    Urutan ke lima jatuh pada Musolini. Ia sukses lewat paham fasisme-nya di italia dan beberapa negara sahabat ( Seperti Austria ) pada saat Perang Dunia II. Ia bersekongkol dengan Adolf Hitler dari Jerman sehingga nyaris menuduhkan seluruh Eropa sebelum akhirnya di kalahkan oleh pasukan Amerika Serikat. Namun akhirnya, Italia justru berbalik mendukung blok sekutu dan mengkhianati Jerman.


4. Saddam Husein ( Irak )
    Penempatan Saddam Husein di urutan keempat ini diambil dari refrensi dari buku sejarah dunia Islam. Dalam buku tersebut, Saddam Hussein disebutkan sebagai seorang kepala negara muslim yang suka membunuh rakyatnya sendiri.
   Perseteruan abadinya dengan Ayatolah Khomeini dari Iran pada awal 1980an hingga memunculkan krisis minya dan Perang Teluk akibat ulahnya sendiri. Namun, setelah di gempur pasukan PBB yang ada di bawah komando Amerika Serikat dan Arab Saudi pada tahun 2003, ia hancur. Ia dieksekusi mati pada Idul Adha 2005.

3. Megatron/Galvation ( Decepticons )
    Memang terdengar konyol karena Megatron satu-satunya diktator film fiksi yang masuk dalam daftar. Sebab, Majalah Wizard menempatkan ia sebagai diktator legendaris dunia pada posisi 68. Segala kejahatannya akan sangat mengacaukan dan menyengsarakan rakyat seluruh dunia, jika seandainya ada di alam nyata.

2. Adolf Hitler ( Jerman ) 
    Salah satu tokoh spesial yang sekaligus paling banyak disorot oleh masyarakat dunia adalah Hitler. Ia lahir dari ayah seorang Yahudi. Setelah dewasa ia bertekad untuk memusnahkan bangsa Yahudi di Jerman melalui partai Nazi-nya
    Akan tetapi, setelah Hitler terjebak dan mendekati kekalahan, ia memutuskan untuk bunuh diri bersama istrinya di sebuah ruang bawah tanah dengan cara menembak kepalanya sendiri.

1. Ramses II/ Fir'aun ( Mesir Kuno )
    Urutan diktator nomor satu ini diambil dari 2 kitab suci Al Quran dan Al Kitab. Memang, sosok Fir'aun sangat spesial bagi siapa pun. Terlebih kalau menyangkut keangkuhannya pada masa Nabi Musa AS. Sebab, dengan sombongnya ia mengaku sebagai Tuhan dan keturunan dari Dewa Matahari.
    Namun demikian, apa pun pengakuan Fir'aun, itulah yang membuat dirinya tewas tenggelam saat mengejar Nabi Musa AS bersama bala tentaranya di Laut Merah. Kemudian, jasadnya di selamatkan oleh Tuhan YME, sesuai bunyi Al-Qur'an surah Yunus ayat 90 yang artinya ' Pada hari ini kami selamatkan badanmu, supaya kamu bisa jadi pelajaran bagi orang-orang sesudahmu pada masa mendatang '

1 komentar:

  1. Adolf Hitler, Joseph Stalin dan Saddam Husein adalah tokoh diktator terkenal

    BalasHapus

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by :